Home » » Buku Approaches to Discourse Analysis oleh Deborah Schiffrin

Buku Approaches to Discourse Analysis oleh Deborah Schiffrin



DISCOURSE ANALYSIS SUBJECT

Nama                       : Hairi Yanto
Prodi                        : Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris
Semester                  : 1 (Satu)
Dosen Pengampu   : Dr. Syahrial, M.A, Ph.D
                                   Prof. Safnil, M.A, Ph.D

            Perkenalan singkat tentang seorang ahli bahasa yang berkebangsaan Amerika, Deborah Sue Schiffrin.  
            Deborah Sue Schiffrin, adalah sosok wanita cerdas yang lahir pada tanggal 30 Mei 1951 di Philadelphia Amerika Serikat. Dia adalah seorang ahli bahasa bidang analisis wacana, sosiolinguistik, pragmatik, interaksi bahasa, analisis naratif, tata bahasa dalam interaksi, bahasa dan identitas, dan sejarah. Dia mendapatkan gelar B.A. dalam sosiologi dari Temple University pada tahun 1972, kemudian seorang MA dalam sosiologi juga dari Temple University pada tahun  1975 serta gelar PhD-nya. dalam Linguistik dari University of Pennsylvania pada tahun 1982.
            Suami dari Dr. Louis Scavo ini, mengajar di Universitas Georgetown di Washington DC, University of California di Berkeley California hingga tutup usia pada tanggal 20 Juli 2013. Deborah juga meninggal kan seorang suami dan dua orang anaknya David dan Laura Scavo. Jabatan terakhir yang di emban oleh Profesor Schiffrin adalah anggota staf fakultas linguistik Universitas Georgetown yang terkenal dari tahun 1982 sampai 2013, dan menjabat sebagai ketua departemen dari tahun 2003 sampai 2009.
Sepanjang karirnya, Schiffrin menulis empat buku, menyunting lima buku, menerbitkan lebih dari 51 artikel dan bab buku, dan memimpin 44 sukses Ph.D. disertasi. Schiffrin juga bertugas di dewan editorial jurnal akademis termasuk Language in Society, Journal Pragmatics, Bahasa dan Komunikasi, Proses Wacana, Kajian Wacana and Storyworlds, serta beberapa rangkaian buku akademis John Benjamins Publishing Company Pragmatics and Beyond Seri Baru. Semua yang tahu, bekerja dengan, atau belajar dengan Deborah Schiffrin tahu bahwa intelek cemerlangnya dicocokkan dengan sikapnya yang diam dan sederhana tanpa suara.
Istri dan Anak Pertamaku

Deborah termasuk seorang professor yang active dalam menulis, sehingga banyak melahirkan karya-karyanya. Termasuk Karyanya yang menggabungkan analisis linguistik berbutir halus dengan perhatian sosiologis terhadap kekuatan sosial yang bekerja di masyarakat. Kombinasi ini terbukti, misalnya, dalam studinya tentang narasi pribadi yang diceritakan oleh orang-orang yang selamat dari Holocaust dan pengasingan orang Amerika di Amerika Serikat. Dalam buku pertamanya, Discourse Marker, berdasarkan disertasinya, dia menciptakan istilah yang menjadi standar di lapangan, dan meluncurkan bidang sub-bahasa linguistik yang subur, karena banyak artikel dan disertasi ditulis, dan terus ditulis.
Dalam bukunya yang kedua, Approaches to Discourse, dia menunjukkan betapa beragam cabang analisis wacana yang mendekati studi percakapan. Profesor Schiffrin adalah salah satu ahli bahasa pertama yang memperhatikan cara orang menceritakan kisah dalam percakapan, menjadi salah satu ilmuwan terkemuka untuk meneliti peran bahasa dalam menampilkan dan membangun identitas dalam narasi, seperti dalam artikelnya "Narasi sebagai self- potret: konstruksi identitas sosiolinguistik, "dan beberapa jilid dokumen yang dikumpulkan mengenai narasi yang dia ajarkan bersama.
Buku Deborah yang berjudul Approaches to Discourse dan menjadi salah satu buku yang sangat phenomenal itu, menjadi buku rujukan materi pembelajaran dalam dunia pendidikan, dimana dia mampu menjadikan analisa wacana sebagai salah satu daerah penelitian yang menarik, merangkul semua unsur dalam dunia lingustik. Berpijak pada konsep bahasa merupakan suatu alat berinteraksi di tengah masyarakat sehingga memunculkan aspek-aspek yang sangat menarik untuk di teliti. Dalam buku ini (Pendekatan Wacana) mencontohkan bagaimana analisis wacana menggunakan metode dari disiplin lain, selain hanya linguistik, termasuk antropologi, sosiologi, dan filsafat. Buku ini membandingkan beberapa pendekatan analisis linguistik yang berbeda dalam kaitannya dengan wacana termasuk: teori pidato, pragmatik, analisis percakapan, etnografi, sosiolinguistik interaksional, dan analisis variasi. Dalam setiap pendekatan yang dijelaskan, Schiffrin mencakup analisisnya sendiri tentang narasi yang digunakan untuk menggambarkan kesamaan dan perbedaan dari berbagai pendekatan. Sehingga dalam kaitanya dengan pengembangan wacana dalam ruang lingkup pendidikan, menjadi cocok dan layak sebagai rujukan dalam hal penelitian yang menggunakan pendekatan wacana.



Referensi

Schiffrin. Deborah. 1994. Approaches to Discourse. BlackWell Publisher. Cumbrigde: Massachusetts

Alexandra Johnston, "Deborah Schiffrin", The Encyclopedia of Applied Linguistics, 27 Desember 2017

Schiffrin, Deborah (26 February 1988). "Discourse Markers". Cambridge University Press. Retrieved 27 Des 2017 – via Google Books

"Deborah Schiffrin profile". Faculty.georgetown.edu. Retrieved 27- Des  2017

https://en.wikipedia.org/wiki/Deborah_Schiffrin#cite_ref-profile_9-0

0 comments:


Posts Terbaru

Arsip Blog

Kategori

Info (10) Motivasi (8) OPINI (6) Pendidikan (3) Short Story (4) Sosok (1)

Pengikut