Home » » Godaan itu Berat

Godaan itu Berat

Godaan itu berat. Ya.. siapa yang tahan dengan godaan..? saya.? kamu..? atau kalian semua..? Tahan dari godaan apanya dulu..?..heheee. Mulai otaknya pada ngeres..! Dasar, kebiasaan.

Bisa saja, pikiran kita tertuju pada suatu godaan yang mendatangkan syahwat lawwamah. Syahwat yang tidak terkendali, sehingga dia sangat liar, menyasar kian kemari hingga membawa sebuah malapetaka dalam kehidupan. Keliaran syahwat ini haruslah ada upaya untuk menahannya, dengan berbagai upaya yang bisa kita lakukan. Seperti menjaga pandangan dari hal-hal yang akan memperdayakannya, berpuasa untuk menjinakan syahwat, serta membaca alquran dan melaksanakan amal-amal shaleh lainnya, sehngga tidak ada ruang dan celah dalam diri kita untuk dirasuki oleh syahwat lawwamah tadi.

Mozaikinilah.com
Syahwat Muthmainnah lain lagi, syahwat yang mampu dikendalikan sehingga dia tidak menyasar kemana-mana, dengan kata lain syahwat yang terkontrol dalam diri seseorang. Ada wadah yang sah untuk menyalurkannya, bukan justru mengembang dan merayap melintasi pegunungan zina yang berkepanjangan, namun dia tetap tercapai dengan jalan yang di ridha oleh Allah swt.

Namun godaan itu berat yang saya maksud disini adalah, bukan godaan syahwat seperti uraian di atas. akan tetapi godaan yang datang dari dalam diri. Godaan apa itu..? adalah godaan MALAS.

Malas merupakan godaan yang teramat berat untuk kita lawan. Jika Malas merupakan penyakit maka dia akan sembuh dengan obat yang kita berikan. Jika malas merupakan karakter, maka dia akan hilang dengan pendidikan karakter. Akan tetapi malas telah menjadi Godaan yang sungguh berat, yang telah menyandra diri setiap orang. Malas itu datang nya tiba-tiba dari arah yang tidak tampak oleh kasat mata. datang tanpa di undang dan pulang pun tak di antar, maka jadilah ia seperti Jailangkung.

Nah...pertanyaannya adalah bagaimana cara nya agar bisa terhidar dari godaan MALAS..?

Pertama: Harus Rajin. ya..rajin merupakan cara terbaik untuk menghindari rasa malas, karena dengan menanamkan rasa rajin, insya Allah rasa malas akan tersingkir.

Kedua: Biasakan. ya..Membiasakan sesuatu yang belum terbiasa memang suling, apalagi meninggalkan sesuatu yang telah terbiasa. Butuh waktu dan kesabaran dalam berproses, jangan sampai jenuh, inovasi diri serta perbaiki diri. Insya Allah sesuatu yang berat akan menjadi ringan karena sudah terbiasa.

Ketiga: Gunakan Tips dan strategi jitu. Ada banyak tips dan strategi untuk melawan godaan malas dalam diri. Tinggal Browsing aja di Mbak GOOGLE, maka mbah google akan menjawab, pelajari caranya kemudian lakukan yang mungkin mampu kita lakukan.

Keempat: semangat. semangat itu datang karena ada dua hal. Yaitu adanya tujuan dan Niat yang kuat. Ketika kita ingin melakukan sesuatu yang di dasari oleh niat yang kuat dan karena adanya tujuan yang akan di capai, maka kita tentu akan memiliki semangat yang melimpah dalam diri, sehingga malas yang menggoda kita tentu mampu ia singkirkan.

Semoga Bermanfaat

Penulis: Hairi Yanto
#BloggerBengkulu

5 comments:

Unknown mengatakan...

Semoga kita terhindar dari sifat malas ... Malas bibit dari kehancuran diri... Tanamkan diri dengan SEMMangat..

Herda Fatih mengatakan...

Semoga kita terhindar dari sifat malas ... Malas bibit dari kehancuran diri... Tanamkan diri dengan SEMMangat..

sunardi mengatakan...

Terima kasih bang, sudah mengingatkan untuk tidak terjebak dalam lingkaran kemalasan. Tipsnya bermanfaat banget.

Hairi Yanto mengatakan...

Sama-sama bang sunardi...kita saling mengingatkan aja..

Hairi Yanto mengatakan...

Amin... buk Herda Fatih


Posts Terbaru

Arsip Blog

Kategori

Info (10) Motivasi (8) OPINI (6) Pendidikan (3) Short Story (4) Sosok (1)

Pengikut