Home » » Waktu yang Menegangkan Saat Menanti Pengumuman Kelulusan Sekolah

Waktu yang Menegangkan Saat Menanti Pengumuman Kelulusan Sekolah

Pengumuman kelulusan merupakan waktu yang sangat di nanti oleh setiap siswa di seluruh Indonesia. Waktu yang sangat menentukan, bagaimana arah dan tujuan hidup dimasa yang akan datang. Mengapa tidak, setelah berjuang habis-habisan menghadapi ujian, dimulai dari ujian yang berbasis sekolah, ujian yang berbasis Madrasah (Bagi sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag) hingga ujian yang berbasis Nasional. Ujian yang menggunakan kertas hingga menggunakan ujian yang menggunakan komputer, mulai ujian yang mengharuskan praktek hingga ujian yang bersifat hafalan. Kesemua ujian itu tentu sangat menguras energi dan waktu, dibutuhkan persiapan sangat prima dan kesehatan yang baik. Jangan sampai kita gagal dalam menghadapi berbagai ujian yang telah di tentukan waktunya.

Hengky dan Ilham
Ujian atau yang biasa kita kenal dengan sebutan evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang paling mendasar dalam kegiatan proses belajar mengajar. Dengan adanya penilaian melalui evaluasi guru maupun pemerintah akan mengetahui perkembangan hasil belajar siswa, tingkat intelegensi siswa, minat siswa, hubungan sosial siswa serta sikap dan kepribadian peserta didik.

Pada dasarnya evaluasi memiliki beberapa tujuan, baik dari aspek kepentingan para peserta didik itu sendiri maupun bagi penyelenggara pendidikan serta kebutuhan pemerintah dalam rangka pemetaan rumusan kebijakan. Dalam hal ini evaluasi tersebut sesuai dengan pandangan Bloom (1971) mengatakan bahwa evaluasi merupakan langkah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataanya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri siswa. Di sini, Bloom sangat menonjolkan akan ketentuan dalam perubahan sikap siswa kemudian seberapa jauh perubahan itu terjadi dalam kehidupan nyata, hal itu dapat di lihat dari hasil evaluasi.

Gebang Masuk MTs Pancasila Bengkulu

Sementara itu Stufflebeam (1971) berpendapat bahwa evaluasi merupakan proses menggabarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk alternatif keputusan. Keputasan yang di maksud Stufflebeam bisa saja keputusan bagi pihak penyelenggara mapun bagi pemerintah. Hal itu di perlukan sebagai bahan perbandingan untuk memetakan kebijakan selanjutnya.

Di sisi lain Suchman yang di kutip Arikunto juga memandang bahwa evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang di capai beberapa kegiatan yang di rencanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Di sisi lah letaknya mengapa kita harus membuat tujuan yang akan di capai pada saat kita merumuskan sebuah rencana yang akan di terapkan. Kita harus menentukan apa tujuan yang akan di capai, bagaimana cara melakukan evaluasi, serta instrument apa yang akan di gunakan, kemudian apa saja indikator-indikator yang akan di jadikan sebagai rujukan tercapainya sebuah tujuan.

Jika kita melihat berbagai pandangan evaluasi dari para ahli tersebut, maka dapat kita petakan kedalam beberapa hal. Yang pertama evaluasi memerlukan perencanaan, kemudian kedua dilakukan dalam proses yang sesuai dengan ketetapan dan ketiga hasil evaluasi dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan sebuah kebijakan selanjutnya. Sehingga berhasil atau tidaknya sebuah rencana/kebijakan sangat di tentukan oleh hasil yang di capai. Semakin tinggi tingkat keberhasilan maka semakin sukses pula sebuah rencana, semakin rendah hasil yang di peroleh maka semakin gagal pula sebuah kebijakan.

Itulah sebabnya, mengapa menunggu waktu pengummuman kelulusan sekolah adalah waktu yang sangat menegangkan, karena disanalah letak ketentuan bagaimana sikap yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Harapan siswa tentu tidak akan jauh berbeda dengan harapan para guru, kepala sekolah, orang tua maupun pemerintah. Tentu kita semua mengharapkan ada nya suatu kebaikan yang akan terjadi dalam kehiduan ini. Lulus dengan hasil yang memuaskan adalah rencana dan tujuan yang telah di tetapkan jauh-jauh sebelumnya oleh kita semua. 

Gedung 1 Kantor Kepala MTs Pancasila Bengkulu
Semoga para siswa dan orang tua di seluruh Indonesia terutama anak-anakku MTs Pancasila Bengkulu, akan menerima hasil kelulusan dengan nilai yang memuaskan, sehingga akan membawa perubahan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Amin...

Selamat bagi anak-anak ku, yang hari ini (Senen-red) kalian sudah menerima kelulusan. Berjuanglah yang lebih baik lagi, agar engkau kelak akan menjadi orang-orang yang sukses dunia wal akhirah.. Amin...!

0 comments:


Posts Terbaru

Arsip Blog

Kategori

Info (10) Motivasi (8) OPINI (6) Pendidikan (3) Short Story (4) Sosok (1)

Pengikut