Home » » Upgrade Yourself

Upgrade Yourself

Assalamualikum wr. wb

Hai..hai..hai... Apa kabar para pemirsa yang budiman, semoga saja kita selalu berada dalam keadaan sehat-wal afiat dan tak kurang dari suatu apun. Amiiiin.

Senang sekali berjumpa dengan pemirsa kali ini, setalah beberapa hari saya tidak muncul di laman Berita Facebook nya teman-teman, dan kebetulan memang untuk beberapa hari terakhir saya sedikit lebih menyibukkan diri dengan pekerjaan rumah, Over Alla, tak masalah, saya sangat senang ketika kehadiran saya disini, selalu mengundang banyak tanya, kemana saja saya pergi untuk beberapa hari yang lalu, dan tulisan saya selalu di nanti-nanti di hati para pemirsa,..hehehe sedikit memuji diri sendiri. Dan saya juga bisa menyapa teman-teman, bisa menyampaikan apa yang ada dalam pikiran saya, menyampaikan apa yang menjadi suatu keharusan yang mesti di bagikan kepada teman-teman melalui sebuah blog yang Insya Allah di ridhai oleh Allah swt., untuk menginspirasi teman-teman semua, mengajak kita semua untuk selalu berbuat sesuatu yang lebih baik, dari pada kita hanya diam dan berangku tangan tanpa menghasil kan sesuatu yang produktive.
Penulis saat di Pasca Sarjana Unib
Oke....!! Kali ini kita akan berbicara tentang sebuah topik, tentu topik ini cukup menarik sebenarnya, dimana semua kita sudah barang tentu ingin memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Dimana Topik ini sengaja saya angkat di hadapan para pemirsa, bukan bermaksud ingin mengatakan bahwa saya telah menjadi pribadi yang lebih baik, namun saya dan teman-teman atau kita sebut dengan "kita semua"  berupaya merubah tingkat kebahagiaan hidup ini menjadi sesuatu yang lebih baik dari yang sebelum nya, sehingga apa yang menjadi tujuan dan impian kita bersama, bisa kita peroleh semaksimal mungkin tanpa harus merasa tertinggal dari teman-teman yang lainnya.

Topik Kita adalah "Upgrade Yourself", Jika dibahasakan ke dalam bahasa kita, maka akan menjadi "tingkatkan selalu kualitas diri". Ya... kurang lebih begitu. Apa itu Kualitas diri..? mengapa kita harus meningkatkan kualitas diri..? bagaimana caranya agar kita bisa meningkatkan kualitas diri..?

Yaapss..... sederetan pertanyaan di atas mengawali diskusi kita pada hari ini tentang apa itu kualitas diri..?

Oke, saya mulai dari penjelasan pengertian kualitas diri..!
Pengertian Kualitas menurut Kamus Besar bahasa Indonesia adalah Tingkat baik buruknya sesuatu. Baik buruk nya pribadi seseorang menurut tingkatannya tertentu, atau dengan kata lain adalah Pribadi manusia yang bermutu. Artinya, kepribadian seseorang memiliki tingkat kebaikan tertentu, mulai dari tingkat bawah, tengah dan atas. Bawah, Tengah dan atas itu disebut dengan tingkatan. Orang yang memiliki kulaitas diri yang berada pada posisi di bawah, maka orang tersebut belum memiliki tingkat kebahagiaan seperti yang diharapkan. Bisa jadi karena sumberdaya manusianya yang rendah, Sumber daya Ekonominya yang rendah atau memang daya pikir seseorang yang rendah. Sehingga mereka tidak akan mampu untuk ikut bersaing dalam dunia yang tingkatannya lebih tinggi dari pada tingkat mereka sendiri. Dampaknya adalah mereka akan mengalami ketertinggalan jauh dari para pesaingnya. Itu yang pertama.! Dan yang kedua adalah mereka yang berada pada tingkatan Menengah atau dikenal dengan The Middle Age. The Middle Age di sini bukan persoalan Usia, namun lebih kepada tarap kehidupan mereka yang berada di atas garis bawah, dan belum pula mencapai setingkat lebih tinggi di atasnya. Mereka berada pada posisi di tengah-tengah. Rendah tidak, tinggi belum sampai. Namun mereka ini tidak terlalu terbelakang juga tidak terlalu menonjol, sehingga mereka ini lah yang harus berjuang keras agar bisa sejajar dengan posisi di atasnya.
Dan yang ketiga adalah Kualitas diri seseorang yang telah mencapai tingkat prima. Yaitu mereka-mereka yang telah menikmati hasil jerih payah mereka, sehingga mereka berada pada posisi yang nyaman, aman dan bahagia.

Nah, bagi kita-kita yang belum mencapai pada posisi yang nyaman, aman dan bahagia tadi maka kita harus melakukan berbagai upaya, agar kita tidak berjalan di tempat dan tidak ada perubahan. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, di antaranya:
1. Kenali Potensi Diri. Maksudnya disi adalah kita harus mengetahui potensi yang kita miliki ini apa, apa kelebihan-kelebihan yang kita punya dan kemudian kita asah potensi diri itu menjadi potensi yang benar-benar tajam. laksana kita mengasah bahagian belakang parang, kita asah terus menerus dengan tingkat konsistensi tinggi sehingga ketajaman yang diinginkan itu bisa kita dapatkan. Jangan mudah menyerah dengan keadaan, apa lagi mengeluh yang berkepanjangan sehingga kita berputus asa terhadap perjuangan itu, apa yang ingin kita dapat tadi sulit akan terwujud.
2. Perluas Wawasan kita. Memperluas wawasan merupakan suatu hal yang sangat penting. Dengan adanya wawasan yang luas, maka kita akan selalu menjadi orang bijak dalam mengambil sebuah keputusan. Tidak tergesa-gesa dan akhirnya sia-sia. Oleh sebab itu, kita perlu banyak teman, kita perlu banyak referensi, kita perlu banyak ilmu, kita perlu banyak bersosialisasi, dan bila perlu kita perlu banyak pengalaman. Pengalaman apa saja yang penting bisa menambah luasnya wawasan kita.
3. Belajar Tiada Henti. Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa, menuntut ilmu itu sejak kita berada dalam buayan hingga kita berada di liang lahat. Belajar tak mengenal ruang dan waktu hingga batas usia yang memisahkan. Dimulai dari mempelajari sesuatu yang kecil misalnya, hingga belajar sampai sesuatu yang lebih luas lagi. Kata nabi juga, jika kita ingin menguasai dunia ini, maka carilah ilmu. Jika kita ingin menguasi akhirat maka carilah ilmu, Jika kita ingin menguasai kedua-duanya (Dunia dan Akhirat) maka carilah Ilmu. Ini berarti semua hal itu akan bisa kita rebut, bisa kita kuasai adalah dengan Ilmu. Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan kualitas diri kita dengan banyak-banyak belajar.
4. Temukan Passion Kita. Passion adalah sesuatu yang benar-benar kita sukai dan nyaman dalam melakukannya. Itu lah Passion. Misalkan, Anda suka menulis, kemudian anda banyak banyak belajar tentang ilmu tulis menulis. Mencari bagaiman caranya menulis yang baik, dari mana anda mulai menulis, kapan waktu terbaik untuk menulis, lalu apa saja jenis-jenis tulisan, semua itu anda pelajari dan kuasai dengan baik. Anda sangat nyaman dan membutuhkan waktu yang lama pula untuk berada pada posisi itu. sehingga Passion anda adalah sebagai Seorang Penulis.

Itulah kiat-kiat yang bisa kita lakukan, agar kualitas diri kita benar-benar bangkit dan berada ada Posisi manusia yang berkualitas. Semoga kita akan mendapat pencerahan dari ini semua. Amin.

Penulis : Hairi Yanto
Guru MTs Pancasila Bengkulu

0 comments:


Posts Terbaru

Arsip Blog

Kategori

Info (10) Motivasi (8) OPINI (6) Pendidikan (3) Short Story (4) Sosok (1)

Pengikut